Masak apa ya hari ini??

Pertanyaan itu yang selalu muncul setiap hari, setiap subuh waktu bunda mau mulai masak. Bunda suka kehabisan ide mau masak apa. Sejak buka cucian mobil 3 bulan yang lalu, bunda mesti masak setiap hari soalnya yang kerja di cucian kan makan siangnya bunda yang masak. Otomatis mesti masak terus setiap hari. Dulu waktu belum ada cucian mobil, bunda mah kalo pengen masak ya masak, kalo lagi malas masak, makan di rumah uwak kalo nggak beli. Nah sekarang udah nggak bisa gitu lagi, setiap siang bunda mesti ngirimin makan siang untuk yang kerja di cucian. Bunda jadi ibu catering kecil-kecilan.

Bunda bingung mau masak apa tiap hari soalnya waktu memasak bunda yang sempit. Mulai masak abis sholat subuh mesti kelar paling telat jam 07.00. Soalnya setelah jam 07.00 kan bunda mesti mandiin Fia, nyuapin Fia sarapan trus bunda mandi dan ke kantor. Makanya suka bingung masak apa yang enak tapi waktunya singkat. Paling ya goreng-goreng, tumis-tumis, sop-sop, apa lagi ya? Bunda suka cari menu masakan sehari-hari di internet, tapi kalo dilihat aduh kadang waktu masaknya suka lama. Maka sempat kalo gitu..

Kalo bunda udah jadi FTM mungkin waktu memasaknya bisa lebih panjang, mungkin bunda nggak sebingung ini. Tapi ini kan masih kerja. Aduh susah ya ternyata jadi ibu catering, mesti muter otak masak makanan yang enak, kalo bisa murah meriah enak. Pusing deh..

Bunda masih mikir nih, masak apa ya hari ini? Ada yang bisa bantu ibu catering amatiran ini nggak??

56 Responses to “Masak apa ya hari ini??”

  1. amalia Says:

    Ass wrwb pagi bunda..
    ini virus klasik ibu2 dimana aja..
    Tiap hari bingung masak apa..? aku yang tiap hari rumahan aja.. tetep bingung…. menunya itu2 aja…
    kadang2 seharian cari menu di buku2.. untuk menu seminggu..
    moga aja dedek Fia gak ikut bingungin bunda ya.. karena gak mau maeem..
    Salam sayang dari kakak+abang di Semarang…

  2. maya Says:

    bun kemarin aku nyobain resep liat di tv, bikinnya gampang deh, orak arik telor udang pete. bumbunya cuma bawang putih, bawang bombay, garam, lada sama kecap manis. bisa ditambahin cabe kalo suka pedes. cuma 5 menit masaknya bun. enak kok :d

  3. entik Says:

    kalo waktunya sempit, bikin bumbu dasar aja bunda -kayak punya rudi choirudin- disimpen di kulkas bisa buat 2 mingguan. Tinggal di modidikasi sayurannya. Kan lebih gampang dan cepet.

  4. widya Says:

    alhamdulillah mba dhona sekarang udah punya usaha rumahan yah? chayo terus ya bun.. oh iya bener kata mba entik, bikin bumbud asar aja. kalo di rumah aku bikinb awang merah bawang putih perbantingan 3:2 diblender trus ditumis pake minyak, simpan di kulkas. mau masak tinggal sendokin deh..

  5. nunik-kinun Says:

    kalo mau praktis lagi, masaknya pas hari libur trus simpen deh di freezer, ntar pas harinya tinggal dipanasin di microwave. Tapi dah gak seger kali ya ( gimana siy…ngasih saran malah bingung sendiri)…..

  6. iie Says:

    biasa deh bun…bener kt mb amelia emank penyakitnya ibu2 deh bingung kl mo masak. menurutku lebih baik dibuat aja daftar menu untuk sepekan, jd ga bingung2 amat walow kadang kala pas jadwal…masaknya suka jauh dr daftar yang udah dibuat hehehehe

  7. dian ibung Says:

    Donna, coba d wiken nyiapin masakan buat seminggu. Sayuran dipotongin sesuai kebutuhan, daging2/ayam ikan udah dibersiin dan siap dimasak untuk ukuran sehari / sekali masak. Trus bikin menu buat sebulanan. Aku IRT mba, tapi cara masakku begitu. Gak keburu juga klu pagi2 masih motongin ini itu. Hehe, abis bosen tiap hari kelimpungan masak apa. Coba juga menu2 makanan china, kan gampang2 dan cepat tuh masaknya. Klu mba mau, pake menu 5 minggu yang aku bikin aja, hehe. Tapi kan mungkin mba ada menu sendiri yang biasa dipake ?

  8. emma Says:

    wah…bunda fia mah emang org nya rajin…rajin segala pokoe…dah kerja sambilurus semua2…salut deh bun…

    baru tau nih kalo buka bisnis cucian mobil…wah bisnis kyk gitu laku bgt loh jeng…bakal konglo nih hehe….

    kapan atuh brenti krj nya…wah banyakbisnis bisa dikau kerjain nih….kalobenti krj bisa buka ketring lagi…TOP deh…

    itu temen2 banyak yg bikin blog masak memasak bun…kali bisa buat bantu menu bunda fia…

    masak yg enak ya bun….

  9. Neli Says:

    mungkin bener, mending bunda bikin segala macem bumbu buat 1 minggu trus taro freezer. bumbu sop, bumbu lodeh, bumbu opor, bumbu balado, bumbu sayur asem, bumbu cap cay, semua deh pokoknya.. nanti tinggal sreng.. sreng… :D

  10. yanti Says:

    bener.. mo masak kadang bingung masak apa, apalagi kalo sampe mepet gitu waktunya, apalagi aku yg jarang ke dapur.. yang ada lelet hehehe. dulu2 sampe malam2 jam 10 masih metikin sayur buat masak besok pagi, saking parno takut telat ; ( yang pasti, paling gampang and cepat ya goreng2 and tumis2.. beli ikan yang udah fillet, beli ayam yg udah dipotongin, difillet juga, beli banyakan, bumbuin terus taruh freezer, bungkus utk sekali masak, selamat masak yaa dhona

  11. yolla Says:

    Kl bunda bingung masak apa, saya bingung mo makan apa..he..
    Kirim serantang dong bun ke taiwan..he

  12. widi Says:

    Waa..kirain cuma aku aja yg pusing bunda yang kerja juga ngrasa pusing juga ya hehe..

    Yang penting bun, di kulkas tuh ada daging, ayam, seafood..udah deh tinggal pilih aja, sekalian tanyain keluarga mau makan apa hari ini, kalo requestnya ada kitanya jd enak masaknya ya bun…

    entar kl bunda jd FTM makin pusing tuh hehe..mikirin dapur mulu..hehe

  13. icha Says:

    waktu aku masih kuliah dan kerja dulu juga gituh..kayaknya waktu masak sedikit dan bawaanya males..mau makan diluar mahal bangeet…jd aku caranya gini..tiap habis belanja ayam misalnya..semua langsung aku cuci bersih dan rebus…trus ayam yg udah mateng *direbus* aku pilah2 *sesuai dgn kemauan, aku masukin freezer (hasil sopnya juga aku taro di tupperware2 kecil.
    Secara aku selalu pake bumbu instan..jd gak perlu repot lagi ngulek2 ato blender…
    pas mau masak..tinggal liat deh dalam freezer apa..ayam, ato daging … tinggal masaka sesukanya tanpa ngabisin waktu

  14. azzah Says:

    Jeng Dona, masak tempe digoreng, ikan asin digoreng abis itu sambal terasi, nyam nyam nyam deh ,kekeke jawa banget yaah :).. klo nawfal lagi di pekanbaru senang sekali tuh ama Udang sungai siak. dipikir2 emang rasa udangnya beda kali ya, soalnya klo udang laut, nawfal alergi

  15. andiana Says:

    bunda..bunda…bingung ya? sama! (sama dengan yolla maksudnya, bingung mau makan apa) hehehe….

    bikin bumbu dasar untuk 1-2 minggu bisa ditaruh dikulkas. itu resep almarhumah mama dulu. jadi ada daging atau sayur apapun gak bingung lagi. udah stok bumbu. tumis, goreng, kukus, kuah…apapun…

    jangan mati gaya gitu ah! pasti bisa deh bun!semangat!!!

  16. Sary Says:

    Penyakit ibu-ibu kalo pagi-pagi..
    He..he..he.. kupikir aku aja yang begitu..

  17. Tia Says:

    hihihi dulu aku waktu masih lengkap suka gitu juga mbak, bingung mau masak apa hari ini…padahal dulu aku FTM banget….tapi ga ada internet siy…kan ga bisa liat2 menu praktis yg banyak di internet…:) mending dibuat aja menu untuk sebulan mbak….lebih enak…dan ga repot

  18. Fa Says:

    *mbayangin repotnya mbak dhona*

    gini aja kali mbak, siapin satu daftar menu selama satu minggu, abis itu, bikin bumbu dasar merah, putih dan kuning. klo misalnya besok mau masak apa, bahan2nya bisa dicicil dipotongin/dikupasin pas malam hari, jd paginya tinggal nyemplung2in plus nambahin bumbu dikit2, utk bahan2 yg digoreng, bikin sekalian utk beberapa hari (misalnya tempe/ayam goreng), dikasih bumbu, trus masukin kulkas, besok paginya tinggal goreng *contekan tips dr budhe, hehe, skrg sih blum dipraktekin krn masih 24jam di rumah*

  19. titien Says:

    ih bunda.. rajin amat. pengen sih bisa ada waktu banyak buat masak dirumah tp gemana dengan kerjaan kantor? insya allah pas cuti hamil nanti bisa masak. ehh si fia itu makin mirip dengan mu deh, makin lucu n imut ya…

  20. Eucalyptus Says:

    Wah, syukur deh klo ada usaha rumahan… klo masak aku gak bisa kasih saran soalnya aku gak bisa masak (jadi malu neh)… he he he

  21. elkaes Says:

    Bunda aku juga lagi bingung masak apa… apalagi lagi males dan ada yg pantang makan ikan laut… Apa ya yang cepet (bukan krn kerja tp krn males hiks) lho kok jadi ikutan nanya??

  22. evan Says:

    duh yg pinter masak aja bingung apalagi aku yg gk bisa masak, bisa pingsan tiap hari kali ye saking pusingnya..hihi! browsing di internet aja bun, pan banyak tuh situs masakan =)) kapan ya bisa nyicip masakan bunda???

  23. mutia Says:

    emang kantor nya deket yah kok pagi bisa masak dulu..enak nya..asik bentar lagi masak terus niy kan mu jadi FTM. liat2 tabloid nova jengk..tiap minggu kan ada list menunya..:) saran dowang:)

  24. Najwa Says:

    Hebat euy ibu satu ini…pagi2 dah masak wat banyak org dan mandiin fia+suapin…Rmh ke ktr deket yah?

    Emang pusing yah masak wat tiap hr..kalow aku sih standard ..coba ayam kentucky aja..Sory gak bantu abis gak jago masak :)

  25. nila_aura Says:

    Bener bun….daku yg dirumah aja gini juga suka bingung mau masak apa…..hebad eh bunda Fia pagi2 dah masak2 padahal mesti ngantor…top dah…

  26. Um Ibrahim Says:

    Salut, pagi2 udah masak… yang bantu ide udah banyak tuh, aku bantu doa aja, semoga amalnya diterima, nyuguhin makanan untuk orang lain salah satu amalan yg paling di anjurkan oleh Rasullullaah SAW.

  27. nila maulizar Says:

    Mbak Dhon..
    Hebat banget masih sempet2nya masak pagi2
    Aku gak bisa sumbang saran nih…soalnya masih jarang masak krn masih dimasakin mama n mertua ..hehe
    Jadi aku sumbang support aja ya..
    Semoga bisa jadi catering beneran nanti kalo udah jadi FTM..hehe

  28. ghia/i-an Says:

    wah nampaknya problem-nya sama neh sama aku…
    sop dan soto adalah menu yang paling sering di rewind he..he..

  29. Ina-Nabila Says:

    Waah sama mbak Dhon, aku tiap pagi, mikir hr ini blanja apa ya buat di masak. Walo masak ga saya sendiri, krn ribut ngurusin Nabila :)
    Wah ini mah ga ngasih sousi ya :)

  30. Indahjuli Says:

    wah, bunda aja yang jago masak kehabisan ide, apalagi saya yang kalau masak selalu gatot (gagal total) :D

  31. Nia Says:

    Aih Bun, sama dong. Nia jg suka bingung mo masak apa hr ini. Rasanya menunya itu2 aja xixixi

  32. mamah ani Says:

    ada yang sama tuh sama si mamah…beli bahan mentah buat semingguan atau buat 5 hari,ayam,daging, ikan, ikan asin, telur, tahu tempe, kacang panjang, buncis, toge, wortel, kentang,tomat, cabe ijo, cabe merah, terung, labu, pare, sawi ), beli bumbu dasar juga buat 5-7 hari. Bumbu dasar, gampang ada di pasar, bw merah-bw putih seribu, atau bw merah bw putih kemiri seribu atau bw merah bw putih kemiri cabe 2 ribuan. Kalau sempet malamnya dirajangin dulu, daging direbus, simpan dikulkas buat masak besok. Pagi pagi sebelum kantor udah siap tuh…lebih bagus udah ada daftar menu seminggu…yang penting ketika kekantor, udah ada nasi dan 1 lauk pauk siap makan…si mamah kan 1979-2007 kerja terus, tapi masakan dipegang sendiri, keburu tuh

  33. mamah ani Says:

    masih nyambung ya…itu ayam bisa digoreng aja, di ayam kecap, di opor, daging bisa disemur, telur bisa dibalado atau orak arik, atau puyughay, ikan asin bisa dibalado, atau campur cabe ijo, tempe atau bisa dibumbu bw merah bw putih kemiri, kasih kecap kasih soun kasih cabe ijo, kacang panjang tumis aja, bisa ditambah toge atau teri, terung juga tumis aja pake cabe ijo dan teri…waaaah, asyik lah pokoknya memasak tuh, paling butuh 30 menit koq

  34. ninda Says:

    Mask tuh yg lama racik2nya ya bun.. gimana kalo pas senggang duduk nonton tv sambil kupasin bawang2 n segala macem bunbu dapur.. jadi kalo mau masak tinggal dicincang deh hihihi

  35. ocha Says:

    duh aku aja yg gak ketringan suka bingung masak apaan lagi buat makan, kalo dah mepet palingan yg simple2 bun kayak chicken teriyaki, telor balado, tumis kangkung, sayur bayem, dan tumis2an yg mudah. Hehehe

  36. Mama Rafi Says:

    hehe..syukurin aja deh bun..berarti bunda masih sempet massak. dibandignin aku, hehe

  37. bunda daffa Says:

    emmm…kalo deket ama bunda nya fiaa…mau nih catering juga :)

  38. Shinta Says:

    Sama nih bund, aku juga kadang suka bingung mau masak apa?! Kalo dah gini, biasanya ngandalin makanan frozen kayak chicken nugget, rollade, sosis. Ntar tinggal dipanaskan trus dicocol pake sambel saos :D

  39. Shinta Says:

    btw, frozen food itu semuanya juga bikin sendiri bund. Bikinnya sekalian banyak kalo pas waktu senggang. Ga pake bahan tambahan lho….

  40. dian ibung Says:

    ya ampun…aku baru ngeh…ada resep masakan…mau ya bunda coba2….hehe

  41. dhira Says:

    Ah, gak percaya kalo uni kebingungan.., scara waktu aku masih masak sendiri dulu uni yang suka kasi inspirasi gitu loooooohh ;p

  42. linda Says:

    di Surabaya masih ujan kan mbak? kalo ujan-ujan enaknya sih makan yg anget-anget. Soto ayam hmmmmmmmmm nikmatnya atau rawon mbak wuiiiiiiih mantabs or mie kuah (bukan mie rebus ya) hmmm… enyak… enyak… enyak… ;)

  43. triplet's mom Says:

    hehehehe…. daku gak bisa masak jadi gag punya ide!!

  44. astien Says:

    kalo aku lagi dingin kek gini biasanya masak sop, goreng ayam crispi ma buat sambel kecap…kan seger tu bun
    **iya soale bisanya cuman itu hehe**

    oya bun, ada tags dari aku..liat di blogku ya

  45. arum Says:

    emang urusan masak memasak nih bikin pusing… tiap hari mesti mikir…
    bunda hebad udah masak sendiri tapi masih sempet ngurusin fia.. top deh

  46. Ryuta Says:

    Bener deh kadang mau masak tiap hari suka bingung.

    Klo udah bingung kadang jadi bikin yg gampang-gampang aja. Untungnya sih masakan Jepun gag banyak pake bumbu, jadi tiap hari alhamdulillah bisa stand by terus.

    Sebentar lagi ya jadi FTM nih..goodluck ya..

  47. wiedy Says:

    masak kering tempe sama sayur asem plus ikan asin atau pepes ikan keknya enyak dech bunda hihihhihihi repot juga ya…cai yo bunda…bunda alahmdulillah nak lanang dah sembuh terima kasih ya bunda atas suport dan doanya *peluk cium bunda dhona*

  48. Zee Says:

    mungkin krn mb belom terbiasa aja.
    klo dibuat list masakan utk setiap hari pasti lbh membantu. jd utk senin apa, selasa apa, tinggal liat contekan.
    bumbu2 simpan di kulkas jd kapan aja tinggal masak.
    soalnya aq dulu pnh buka kafe tenda jd terbiasa menyetok bumbu utk sediaan… :D

  49. diana - firza Says:

    Pertanyaan yang sering ada dipikiran gw semenjak gw jadi FTM….

  50. Tiwi Says:

    Jangan mengharap advis dariku Bun, secara aku juga bingung mau masak apa……beli buku resep kali ya?

  51. silvi Says:

    ASiknyaa dah punya usaha sendiri…walopun ada pikiran baru…”mau masak apa hari ini” ya mbak…maap…maap…ga bisa kasih masukan…abisan sejak hamil kika ampe sekarang kegiatan masak memasak semakin jaraaaaang sekali dilakukan…bukan ibu yg baek…he..he…

    Atao ga bikin daftar utk 1 bulan di hari minggu ke brapa gituh,jadi pusing ga tiap hari…tp cuma tiap bulan doang…truss…buat minggu depannya tinggal dibolak-bolak…hmm…tidak memecahkan masalah ya,he..he…eniwei…cuma sekedar masukan ajah…

  52. raisa Says:

    Bunda Dhona! terima kasih ya sudah sering ke tempatku! sekarang ini baru bisa ketempat Bunda Dhona untuk menengok Fia yang sudah besar dan masih manis azach! dan Bunda Dhona yang bertambah kesibukannya! belum lagi sempat nich update, mungkin masih nunggu waktu yang tepat, soalnya kalau sudah pulang kerja udah capek dan enggak sempat nulis dan berpikir lagi!

    Mana sekarang ini sakit sudah 2 bulan terakhir … flu, sudah sembuh eeehh datang lagi! lohhh…. kok jadi cerita sakit….heheh.. maaf ya Bunda!

    Mungkin kalau untuk bantu Bunda untuk “masak apa ya hari ini” enggak bisa bantu… coba kalau bisa bantu pasti enak ya! dan mungkin azach cateringnya bisa sampai ke Norway…… :) wah pasti lebih enak lagi nich tinggal order tiap hari terus!

    Ok Bunda salam sayang buat Fia :)

  53. anis Says:

    hebat… bunda dhona…
    rajin amat, masak banyak, ngurus anak komplet, kerja kantoran + bisnis ..
    huiiiih… jempolan deh..

    aku malah ada embak yg ngebantuin malah jadi tambah manja aja..

    klo aku kadang tanya tetangga.. iseng2.. e, ternyata ada aja lo masakan tetangga yg simpel tp ternyata g kepikiran ma kita… pa emang aku nya yg kurang fariatif ya???
    waduh, jadi tambah bingung..tp kayaknya nyimpen bumbu di freezer ok juga tu…

  54. Mama Echa Says:

    Sama Bun, nentuin masak apa hari ini buatku bebaaan deh. Selain ga bisa masak (apa males dot com?), suka lupa juga tempat nyimpen buku masak. Jadi seringnya belanja buat beberapa hari trus terserah si mbak dirumah deh mo masak apa. Yang penting tiap hari menu buat anak2 ganti. Alamat blog resep Bun-bun dimana?

  55. nuke Says:

    sama donk dgn aku kalau pagi pasti masak dengan dikejar waktu..apalagi aku ngga punya assisten.masak aku akalin aja bahan2 udh tersedia 4-5hari bumbu2 udh dikupasin tinggal rajang atau blender…
    tapi skg sdh ada bumbu RACIK dari Indofood lumayan enak….dan aku juga suka bumbu2 jadi dr Indofood.
    untuk pagi aku masak sedikit aja dulu untuk bekal anak2 satu hari,untuk aku dan suami aku masaknya malam sepulang kerja…
    contohnya goreng ayam,goreng ikan atau buat yg disambel2 atau ditumis untuk kami itu aku buat malam aja….

  56. Anne Ghani Says:

    Bund
    Sama , pusing ama mau masak apa
    yang murah meriah , sehat bergizi n praktis

    Pelariannya sih masak sop lagi sop lagi hi hi hi

Leave a Reply

badak