CARA MENGATASI ANAK SUSAH MAKAN

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Anak adalah aset berharga dalam keluarga dimana menjadi suatu harapan bagi orang tua dalam meneruskan cita-citanya. Mendidik anak dan mengurusnya bukan menjadi suatu hal yang mudah dilakukan. Terkadang harus melewati berbagai masalah yang mengganggu proses perawatan dan tumbuh kembang anak. Orang tua yang baik tentu akan berupaya mengasuh anak dengan baik agar anak bisa tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya.

Dalam rangka mengasuh anak tidak hanya mengajarinya dan mengenalkannya dengan berbagai macam hal di dunia ini, tetapi hal yang terpenting dalam mengasuh anak yaitu dengan memberikan nutrisi terbaik untuk anak. Orang tua dalam memberikan perawatan terhadap anak atau dalam upaya mengasuh anak sudah pasti akan memberikan nutrisi terbaik yang menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Terutama seorang ibu pasti akan sangat memperhatikan nutrisi terbaik untuk anaknya.

Dalam upaya mengasuh anak tidaklah selalu berjalan mulus, karena ada saja permasalahan yang menyertai. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah ketika anak susah makan. Permasalahan klasik yang terjadi ini menimpa hampir sebagian ibu yang sedang merawat anak usia balita. Berbagai cara mengatasi anak susah makan sudah dilakukan oleh ibu agar anaknya bisa makan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sehingga hal ini membuat orang tua merasa khawatir dan stres apabila anaknya tetap susah makan. Tak jarang kasus ini membuat seorang ibu merasa cemas karena ibu selalu memikirkan nutrisi dan kecukupan gizi untuk anaknya belum lagi jika harus menghadapi anak yang susah makan dan terlalu pilih-pilih makanan.

Permasalahan anak yang susah makan biasanya terjadi pada anak usia balita khususnya anak-anak yang berusia setelah 1 tahun. Biasanya pada kelompok umur ini akan mengalami kesulitan makan karena disebabkan oleh pertumbuhan pada masa ini yang mulai melambat atau tidak sepesat sebelumnya. Sehingga akan membuat anak menjadi susah makan dengan selera makan yang menurun. Selain itu, anak mulai mengenal berbagai macam makanan, hal ini menyebabkan anak menjadi pilih-pilih dalam makanan apalagi jika memiliki makanan kegemarannya. Anak akan menjadi susah makan. Ibu selalu mencari cara mengatasi anak susah makan agar anak mau makan untuk mencukupi nutrisi hariannya yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Pada masa anak-anak memang sulit untuk memberikan makanan yang disukai olehnya. Anak-anak cenderung tertarik dengan makanan yang cepat saji dengan berbagai macam kreasi dan warna yang terlalu mencolok. Hal itu tentu menjadi permasalahan besar yang dialami oleh seorang ibu. Seorang ibu harus memiliki cara agar anak tidak susah makan, seperti dengan berkreasi dengan makanan.

Perilaku Anak Susah Makan

Ada banyak bentuk perilaku anak yang susah makan dan sebaiknya bagi para orang tua terutama seorang ibu harus mengetahui perilaku anak-anaknya yang susah makan. Perilaku tersebut antara lain :

1. Anak menolak untuk makan

Kebiasaan makan merupakan kegiatan yang baru saja dikuasai oleh anak-anak. Kegiatan memasukan makanan ke dalam mulut hingga sampai di berbagai organ pencernaan ini kadang membuat anak merasa bosan jika dilakukan dengan berkali-kali. Sehingga ada anak yang mau menerima makanan dengan lahap pada makanan pertamanya namun tidak demikian pada makanan keduanya. Anak cenderung menolak makanan ketika sudah banyak makan sebelumnya. Perilaku ini dipengaruhi oleh pemikiran anak-anak yang masih mudah berubah, sehingga mempengaruhi juga selera makannya.

2. Ingin makan tapi hanya makanan tertentu

Masa anak-anak merupakan masa dimana baru mengenal makanan seputar warna, rasa, dan bentuknya. Anak akan mengenal rasa demi rasa dari makanan yang dimakan, hal ini akan memunculkan pemikiran ingin makan tetapi hanya makanan tertentu saja. Cara mengatasi anak susah makan juga perlu memperhatikan perilaku anak seperti ini. Anak terkadang menyukai makanan-makanan tertentu apalagi yang sudah terasa enak di lidahnya. Hal ini membuat anak tidak mau makan makanan yang lain dan hanya makanan tertentu saja yang dia minati.

3. Lebih menyukai makanan cepat saji

Makanan cepat saji saat ini sudah banyak sekali beredar dan disenangi oleh banyak orang. Begitu juga dengan anak-anak, apalagi banyak sekali jajanan anak-anak yang membuatnya menarik untuk memakannya. Kebiasaan makan makanan cepat saji ini sebaiknya jangan terus diterapkan pada anak-anak, karena hal ini dapat menyebabkan timbunan zat tidak baik dalam tubuh si anak yang bisa menyebabkan kesehatan di kemudian hari. Makanan cepat saji rata-rata banyak mengandung gula, lemak tinggi, kandungan gizi yang rendah sehingga tidak baik dikonsumsi oleh anak-anak. Namun, anak menjadi susah makan bisasanya karena terlalu menyukai makanan cepat saji tersebut.

4. Menolak makan setelah sudah banyak makan

Perilaku makan seperti ini biasanya dialami oleh anak usia 1-3 tahun. Kebiasaan menolak makan ketika sebelumnya sudah makan banyak merupakan hal yang wajar. Para orang tua tidak perlu merasa cemas dengan perilaku anak yang demikian. Anak-anak memang baru mengenali kegiatan makan, sehingga tidak jarang nafsu makannya bisa saja berubah sewaktu-waktu. Cara mengatasi anak susah makan dengan kebiasaan ini sebaiknya tidak memaksakan anak untuk makan pada saat itu juga. Hal ini dikarenakan anak-anak memiliki rasa lapar yang lebih baik dibanding dengan orang dewasa. Sehingga anak akan merasa lapar dan meminta makan pada saat itu juga.

5. Makan satu jenis makanan

Masa anak-anak memang sedang mengenali makanan dan rasanya, sehingga semakin sering anak makan makanan yang bervariasi maka akan semakin banyak pula rasa yang dikenali anak-anak. Hal ini penting untuk dikenalkan kepada anak Anda agar anak tidak hanya makan satu jenis makanan. Dalam cara mengatasi anak susah makan, mengenalkan anak dengan berbagai macam makanan dan rasa juga akan membuat si anak menjadi memiliki banyak referensi untuk dia makan. Terkadang anak-anak juga akan lebih menyukai satu jenis makanan sehingga pada saat itu akan lebih sering makan makanan tersebut.

Beberapa kebiasaan makan tersebut membuat para orang tua merasa kebingungan dalam menghadapinya. Berbagai cara mengatasi anak susah makan sudah dilakukan namun, anak masih saja susah makan. Masa anak-anak usia balita memang dikenal dengan masa bermain, masa ini juga disebut dengan masa kritis. Pada masa kritis ini sebaiknya dilakukan dengan maksimal oleh orang tua dengan meningkatkan keterampilan makan anak. Hal ini penting agar bisa menghindari permasalahan anak dengan kebiasaan susah makan.

Faktor-Faktor Anak Susah Makan

Upaya untuk mengatasi anak yang susah makan juga perlu memperhatikan penyebab anak susah makan agar bisa menemukan solusi yang tepat. Ada banyak penyebab yang bisa melatarbelakangi kebiasaan makan anak. Berikut ada beberapa faktor yang menyebabkan anak menjadi susah makan antara lain :

1. Kehilangan selera makan

Anak usia balita lebih sering mengalami hal ini seperti anak hanya makan makanan tertentu saja, kemudian keesokan harinya tidak mau makan. Mendapati kondisi seperti ini misalnya hanya makan buah saja atau lauk pauk saja, Anda sebagai ibu tidak perlu khawatir dengan kondisi penyebab anak susah makan ini. Anda perlu melakukan menyediakan makanan dengan lebih bervariasi agar anak menjadi tertarik untuk makan. Anak bisa saja kehilangan selera makannya tetapi anak juga akan mengalami rasa lapar yang lebih baik dibandingkan dengan yang dialami oleh orang dewasa. Sehingga kondisi inilah yang menyebabkan anak menjadi kehilangan selera makan. Selain itu, makanan yang kurang bervariasi juga akan menyebabkan anak hanya menyukai makanan jenis tertentu saja tanpa mengenali jenis makanan yang lain.

2. Rasa ingin tahu

Rasa ingin tahu yang besar selalu ada di dalam diri anak dan bisa sewaktu-waktu menuntunnya untuk mengikuti rasa ingin tahu tersebut. Hal ini dikarenakan pada masa anak-anak merupakan masa perkembangan yang dapat memunculkan rasa ingin tahu dalam dirinya. Seperti pada kebiasaan makan, anak kadang penasaran makan makanan tertentu karena ada rasa ingin tahu yang besar. Selain itu, biarkan anak untuk makan sendiri agar ia mulai terbiasa dan berkembang dengan rasa ingin tahunya yang besar. Anda bisa memanfaatkan rasa ingin tahu dari anak dengan menyediakan makanan yang lebih bervariasi sehingga anak dapat tertarik untuk makan. Cara mengatasi anak susah makan ini bisa dilakukan agar anak bisa tetap meningkatkan selera makannya.

3. Tumbuh gigi

Perubahan dalam diri anak bisa mempengaruhi selera makan anak. Salah satunya adalah tumbuhnya gigi pada anak membuatnya merasa tidak nafsu makan. Hal ini disebabkan adanya rasa sakit pada daerah yang akan tumbuh gigi sehingga anak menjadi tidak mau makan. Anda bisa tetap memberikannya makanan dengan mengubah bentuk makanannya dari padat menjadi lebih halus. Makanan yang halus dan lembut akan mengurangi rasa sakit pada mulut atau daerah yang akan segera tumbuh gigi. Sehingga anak pun akan tetap mau makan tanpa rasa sakit.

4. Menderita penyakit tertentu

Kondisi sakit akan bisa mempengaruhi nafsu makan penderitanya. Tidak hanya orang dewasa saja yang akan mengalaminya ketika sakit, tetapi juga bagi anak-anak. Biasanya anak yang sedang mengalami sakit atau menderita suatu penyakit pasti nafsu makan menjadi menurun. Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab anak susah makan yang memiliki pengaruh besar. Sebagai salah satu contoh anak mudah sekali terkena sakit batuk dan pilek. Tubuh anak usia balita masih sangat rentan terkena penyakit infeksi menular. Anak yang sakit batuk pilek saja akan merasa tidak ingin makan, biasanya juga sedikit rewel. Orang tua pun merasa khawatir dengan kondisi tersebut. Sehingga perlu adanya cara mengatasi anak susah makan karena sakit.

5. Menyukai cemilan

Tak bisa dihindari, ternyata makanan untuk anak-anak seperti cemilan, jajanan tradisional, makanan cepat saji lebih banyak beredar dibandingkan jenis makanan yang lain. Kebanyakan makanan tersebut kurang memberikan nilai gizi yang baik dibutuhkan oleh tubuh. Namun, anak-anak lebih menyukai makanan cemilan tersebut dibandingkan makanan yang dibuat oleh ibunya. Inilah salah satu penyebab anak susah makan sehingga kebutuhan gizinya menjadi kurang terpenuhi dengan baik.

6. Terlalu banyak makan manis

Makanan yang manis akan memberikan daya tarik tersendiri bagi seseorang. Tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak juga sangat menyukai makanan manis ini. Banyak makanan manis yang disukai anak-anak, salah satunya adalah permen dan cokelat. Makanan yang manis atau banyak mengandung gula pasti akan mengenyangkan dan rasa manisnya membuat siapa saja yang memakannya menjadi ketagihan. Anak-anak jika diberikan makanan manis tentu akan menyukainya. Orang tua harus mengontrol makanan manis ini agar tidak terlalu banyak dikonsumsi oleh anaknya. Jika anak terlalu banyak makan makanan yang manis maka anak akan merasa kenyang dan menyebabkan tidak mau makan nasi atau makanan lainnya.

Permasalahan anak susah makan ini sangat penting untuk diselesaikan demi terpenuhinya kebutuhan gizi anak. Kebutuhan gizi anak yang kurang maka akan menghambat proses pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu cara untuk bisa mengasi permasalahan ini yaitu dengan mengenal dan memahami perilaku anak yang susah makan dan faktor yang menyebabkan anak susah makan. Kedua hal tersebut perlu dijadikan dasar untuk bisa mengatasi permasalahan ini.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Anak yang susah makan perlu dilakukan suatu upaya yang tepat agar anak mengkonsumsi makanan untuk mencukupi kebutuhan gizi sehari-hari. Sebagai orang yang baik sudah pasti Anda akan memikirkan cara yang tepat untuk bisa memberikan makanan terbaiknya kepada anak. Harus memperhatikan perilaku anak dan faktor yang berpengaruh terhadap kebiasaan makan anak. Cara mengatasi anak susah makan yaitu :

1. Berikan makanan dengan porsi kecil tetapi diberikan sesering mungkin dan teratur

Langkah pertama dalam cara mengatasi anak yang susah makan adalah dengan memberikan makanan pada anak dengan porsi yang kecil. Cara ini dilakukan agar anak tidak merasa kekenyangan dan secara tidak langsung untuk menjaga anak tetap memiliki nafsu makan yang baik. Selain itu, Anda sebagai orang tua tentu harus memahami bahwa lambung si anak belum mampu menampung makanan yang banyak. Sehingga perlu memberikan makanan sedikit demi sedikit tetapi dalam pemberiannya dilakukan secara sering atau bertahap. Dalam pemberian makanan untuk anak Anda juga perlu dilakukan secara teratur sehingga kebiasaan makan bisa tetap terjaga dengan baik.

2. Berikan makanan yang bervariasi

Makanan yang tidak dikreasikan sedemikian rupa sehingga akan membuat anak merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Alhasil, anak Anda tidak mau makan dan cenderung memilih makanan lain yang lebih menarik. Anda harus bisa membuat kreasi makanan yang lebih bervariasi lagi, mulai dari bentuk, olahan, bahkan rasa. Hal ini dapat membuat anak menjadi tertarik dan bisa memilih sendiri makanan yang disuka. Biasanya anak akan lebih menyukai makanan yang dia pilih sesuka hatinya. Maka yang perlu dilakukan oleh orang tua adalah dengan memberikan makanan dengan menu yang bervariasi.

3. Penyajian makanan dibuat semenarik mungkin

Selain makanan yang bervariasi, makanan juga perlu dibuat semenarik mungkin sebagai cara mengatasi anak susah makan yang dipercaya cukup ampuh. Anak-anak akan menyukai makanan dengan tampilan yang menarik mulai dari warna dan bentuknya. Rasa ingin tahu dalam diri anak-anak masih cukup besar sehingga ini merupakan cara yang tepat agar anak mau makan teratur. Anda perlu mengolah makanan dengan menarik supaya anak memilih makanan Anda dan tidak memilih makanan lain. Misalnya Anda membuat nasi goreng yang dibentuk menjadi gambar boneka atau hewan tertentu seperti doraemon, bebek, teddy bear, dan lainnya. Makanan buatan sendiri akan lebih baik dibandingkan makanan yang jual di pasaran.

4. Sediakan cemilan sehat

Usia anak balita biasanya lebih suka makan makanan cemilan dibandingkan makanan berat. Nah, untuk menghindari anak Anda makan makanan yang kurang sehat maka sediakanlah cemilan sehat di rumah untuk mendukung aktifitasnya yang masih aktif. Anda bisa memberikannya bola-bola kentang diisi wortel atau daging, donat mini, dan lain sebagainya. Cemilan ini diberikan dengan porsi yang kecil, dan sediakan untuk menemani aktifitasnya yang tinggi. Pemberian cemilan sehat ini dilakukan diantara makan berat namun pemberiannya jangan terlalu banyak agar di waktu selanjutnya anak mau makan.

5. Jangan memaksa anak untuk makan

Perasaan anak sangat sensitif jadi Anda sebagai orang tua harus memahami cara mengatasi anak susah makan dengan tidak memaksanya untuk makan ketika tidak mau makan. Solusinya berikan cemilan sehat dengan makanan yang dia sukai. Usahakan jangan pernah memaksakan anak untuk makan ketika tidak ingin makan.

6. Ajak anak untuk menyiapkan makanannya

Ajakan untuk menyiapkan makanan bersama anak akan membuat anak menjadi mau makan. Mintalah dia untuk mengambilkan buah atau makanan lain untuk disiapkan di meja makan. Kemudian ajak anak Anda untuk makan bersama dengan situasi yang menyenangkan.

Cara tersebut bisa Anda lakukan pada anak Anda agar mau makan dengan teratur. Asupan zat gizi sangat penting untuk dipenuhi setiap harinya apalagi pada seorang anak balita. Kebutuhan ini sangat penting untuk terpenuhi di setiap harinya karena untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Jika anak susah untuk makan maka pertumbuhannya dan perkembangannya akan menjadi terhambat karena kebutuhan nutrisinya kurang terpenuhi. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dengan menggunakan cara ampuh mengatasi anak susah makan yaitu dengan memberikan nutrisi yang fungsinya menambah zat yang dibutuhkan oleh tubuh jika tidak terpenuhi dari makanan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan memberikan produk Natural Royal Honey Super Kids.

Natural Royal Honey Super Kids

Natural Royal Honey Super Kids merupakan salah satu produk madu murni yang dilakukan produksi secara alami. Produk Natural Royal Honey Super Kids ini adalah salah satu produk dari PT. Natural Nusantara atau yang sering dikenal dengan sebutan PT. NASA. Madu ini diproduksi untuk memenuhi kebutuhan anak-anak dan remaja. Kandungannya yang alami membuat anak menjadi tumbuh normal, sehat, dan cerdas. Hal ini juga menjadi salah satu cara mengatasi anak susah makan dengan memberikannya Natural Royal Honey Super Kids. Adapun kandungan dari produk madu kids nasa ini yang bermanfaat untuk memenuhi nutrisi harian anak yaitu :

  • Madu
    Madu ini dihasilkan secara alami oleh lebah madu. Kandungan gizi yang terdapat pada madu adalah antara lain karbohidrat, asam amino, protein, dekstrin, mineral, vitamin, pigmen dari tumbuh-tumbuhan, serta komponen aromatik. Rasanya yang manis tentu akan lebih disukai oleh anak-anak.
  • Royal Jelly
    Royal Jelly ini memiliki kandungan zat gizi seperti kaya akan hormonal, membantu memperbaiki dan membuat sel-sel tubuh baru kembali, termasuk meremajakan sel-sel syraf, otak, dan organ lainnya.
  • Propolis
    Adanya propolis berguna untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebagai salah satu cara mengatasi anak susah makan. Kandungan dalam propolis yaitu multi vitamin dan mineral serta mengandung bahan alami bioflavonoid.
  • Bee Pollen
    Bahan ini mengandung zat asam amino, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E yang berguna bagi tubuh. Selain itu, mineral penting misalnya mangan, kalsium untuk tulang dan gigi, zat besi agar tubuh tidak lemas, magnesium, aluminium, potassium, tembaga, sodium, dan fosfor.
  • AA dan DHA
    Asam Arakhidonat atau sering dikenal dengan AA yang diproduksi oleh Omega 6. Sedangkan Asam Dokosaheksaenoat atau yang sering dikenal dengan DHA diproduksi oleh Omega 3. AA dan DHA ini sangat penting peranannya dalam perkembangan otak dan penglihatan.
  • Olive Oil (Zaitun Oil)
    Bahan ini mengandung vitamin E, kaya akan antioksidan alami. Olive Oil ini membantu dalam perkembangan fungsi saraf dan pembuluh darah dalam otak.
  • Curcuma
    Curcuma berguna untuk meningkatkan keinginan untuk makan, mempercepat tumbuh kembang, dan meningkatkan imunitas tubuh.
  • Pegagan (Centellae Herba)
    Kandungan zat ini berguna untuk meningkatkan kemampuan otak, memperkuat ingatan, meningkatkan stamina, dan memperlancar peredaran darah.

Cara mengatasi anak susah makan dengan memberikan Natural Royal Honey Super Kids ini cukup ampuh dilakukan karena produk dari PT. NASA ini memiliki banyak manfaat yang berguna bagi tubuh anak. Adapun manfaat yang bisa dirasakan dalam cara mengatasi anak susah makan yaitu :

1. Sebagai sumber vitamin yang lengkap
Madu mengandung banyak vitamin penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, D, K, E, Uric Acid, dan asam nikotinat.

2. Menyembuhkan batuk pada anak
Anak-anak sering dan mudah terkena penyakit batuk yang dapat mengganggu konsumsi makannya. Sehingga Anda bisa mengatasinya dengan memberikan Natural Royal Honey Super Kids untuk membantu menyembuhkan batuk dan memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya karena ini merupakan cara mengatasi anak susah makan.

3. Memperkuat sel darah putih
Dengan memberikan madu kepada anak Anda maka anak Anda akan mendapatkan antibodi tambahan. Hal ini karena mengkonsumsi madu bisa memperkuat sel darah putih yang memiliki peranan untuk membunuh bakteri atau kuman yang masuk ke dalam tubuh.

4. Baik untuk pencernaan
Pencernaan anak-anak masih belum kuat seperti halnya pencernaan orang dewasa. Anak-anak juga belum bisa menjaga kebersihan dengan baik sehingga makanan yang dimakan bisa dengan mudah terkontaminasi dengan bakteri yang ada di sekitarnya. Hal ini bisa menyebabkan pencernaan terganggu. Maka perlu mengkonsumsi madu yang ternyata bisa menjaga pencernaan dan baik untuk dikonsumsi.

5. Membantu pertumbuhan otak
Masa anak-anak masih terus mengalami pertumbuhan otak maka perlu adanya nutrisi yang bisa membantu pertumbuhan otak anak, seperti mengkonsumsi madu.

6. Membantu pertumbuhan anak
Mengkonsumsi madu bisa membantu pertumbuhan anak dengan maksimal. Hal ini karena cara mengatasi anak susah makan bisa teratasi dengan mengkonsumsi madu.

Produk dari PT. Natural Nusantara, Natural Royal Honey Super Kids ini cocok untuk mengatasi anak yang susah makan. Konsumsi madu setiap harinya dengan rutin maka anak Anda akan menjadi lebih sehat dan nafsu makan juga tetap terjaga. Hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan yang bisa meningkatkan nafsu makan. Solusi tepat dalam cara mengatasi anak susah makan adalah dengan memberikan madu ini secara rutin.

Jika Anda memilih produk ini maka Anda tidak perlu bingung lagi dalam mencari cara mengatasi anak susah makan, karena sekarang Anda sudah tahu solusinya. Anda hanya perlu memberikan madu kids nasa ini secara rutin sehingga kebutuhan zat gizi hariannya bisa terpenuhi, untuk pemesanan Anda bisa menghubungi kontak di bawah ini :

 Klik Untuk Whatsapp