Pakan Ternak Ayam Terbaik

Pakan Ternak Ayam Terbaik

Usaha ternak ayam dianggap memiliki prospek menjanjikan dan banyak dicari oleh masyarakat. Terpilih sebagai hewan yang cukup populer diternakkan, karena perawatan yang mudah dan tingginya minat masyarakat untukĀ  membelinya. Bahkan peternak tidak hanya untung dari penjualan dagingnya saja, sebab telor ayam pun dapat diperdagangkan. Untuk menghasilkan ayam berkualitas kita harus merawatnya dengan baik dan memberi makan yang bergizi. Berikut ini adalah rekomendasi pakan ternak ayam terbaik yang bisa anda coba :

Pakan Ternak Ayam Terbaik

1. Dedak

Dedak merupakan pakan paling populer yang seringkali diberikan kepada ayam ternak. Sebenarnya pakan ternak satu ini, berasal dari sebuah limbah penggilingan beras dan didominasi dengan warna putih kecoklatan. Meski disebut sebagai limbah penggiliran, nyatanya kandungan nutrisi yang ditawarkannya mampu memenuhi kebutuhan sang ayam ternak. Beberapa kandungan nutrisinya terdiri dari protein, lemak, dan natrium.

Salah satu alasan lain mengapa dedak bisa menjadi pakan alternatif terbaik, yaitu harganya yang murah dan mudah ditemukan di pasaran. Membeli dengan harga murah dan mampu menjaga kualitas hewan ternak, dianggap sebagai cara cerdas untuk mendatangkan keuntungan. Kandungan nutrisi di dalam dedak memang cukup melimpah, namun akan lebih maksimal jika anda menyeimbangkannya dengan jenis pakan lainnya.

2. Jagung Giling

Kaya akan gizi yang baik bagi tubuh, selain dikonsumsi manusia ternyata jagung yang digiling seringkali diolah menjadi pakan ternak ayam populer. Beberapa kandungan gizi yang ditawarkan seperti serat, omega 6, asam lemak, vitamin B, vitamin C, lemak tak jenuh, kalium, fosfor, zat besi, serta magnesium. Bukan hanya bergizi, kelezatan yang ditawarkan membuat jagung giling menjadi salah satu pakan favorit si ayam ternak.

Mudah dicerna oleh sistem pencernaan, oleh karenanya jagung giling dapat diberikan kepada anak ayam sekalipun. Bahkan ayam akan lebih cepat merasa kenyang dan mampu memenuhi kebutuhan gizi hariannya, sehingga anda bisa sedikit berhemat khusus untuk pengeluaran pakan ternak. Hebatnya lagi, pakan satu ini diyakini mampu menunjang keaktifan sang ayam ternak karena mampu menghasilkan energi cukup besar.

3. Limbah Gandum

Jika dedak berasal dari limbah penggilingan beras, maka pakan satu ini berasal dari limbah penggilingan gandung yang nantinya akan diolah menjadi tepung terigu. Tidak kalah tenar seperti rekomendasi jenis pakan lainnya, walaupun pemberiannya sendiri wajib dibatasi. Umumnya pakan satu ini diberikan bersamaan dengan pakan butiran yang dipercaya kaya akan protein, karena mampu menyeimbangi limbah gandung yang memiliki nilai protein rendah.

4. Pelet

Ketika ingin memberikan pakan bergizi namun tidak mengurangi kualitasnya, maka memberikan pelet bisa menjadi alternatifnya. Dalam pembuatannya, pakan ternak ayam ini akan digiling hingga halus lalu dipadatkan kembali. Umumnya pelet akan dijadikan sebagai pakan ikan maupun ayam, karena dianggap efisien serta mengurangi pakan terbuang percuma. Oleh sebab itu, pakan satu ini dirasa mampu menekan pengeluaran dengan tidak mengurangi kualitas.

5. Ubi Cincang

Terkenal akan rasanya yang lezat meski diolah sederhana, menjadikan ubi sebagai makanan favorit untuk mengganjal perut yang kelaparan. Selain dikonsumsi oleh manusia, ternyata ubi juga kerap diolah menjadi pakan hewan ternak seperti ayam. Bukan hanya soal rasa, sebab ubi terkenal akan kandungan proteinnya yang tinggi serta serat yang baik bagi sistem pencernaan sang ayam. Wajar saja jika para peternak ayam menjadikannya sebagai pakan alternatif lainnya.

Ubi memang mengandung nutrisi yang baik bagi hewan ternak, namun anda juga perlu sedikit waspada ketika ingin memberikannya. Pasalnya pakan satu ini mengandung asam prusid serta sianida yang memiliki sifat racun. Jika sifatnya yang beracun tersebut tertelan dalam jumlah besar, ditakutkan akan membahayakan keselamatan sang ayam. Jika ingin memberikannya, potong menjadi cincangan kecil dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

6. Sorgum

Mengandung protein yang cukup tinggi, membuat sorgum terpilih sebagai salah satu pakan bagi hewan ternak terbaik. Hanya saja pemberian pakan ternak ayam ini haruslah dibatasi, mengingat kandungan taninnya dikhawatirkan akan menghambat penyerapan protein atau bahkan menurunkan pertumbuhan sang ayam. Jika kondisi tersebut benar benar terjadi, kemungkinan hewan ternak kesayangan anda akan mengalami kelainan pada bagian kakinya.

Walaupun tanin cukup berbahaya, namun anda bisa mengurangi kadar tanin dengan cara mengupas bagian terluarnya lalu merendamnya sebelum diberikan. Agar nutrisi pada sorgum dapat terserap sempurna, silahkan kombinasikan pakan tersebut dengan bungkil kedelai. Ketika kedua bahan tersebut dicampur menjadi satu, maka menghasilkan kandungan bernama suplemen metionin serta lisin yang baik bagi tumbuh kembangnya.

7. Tepung Tulang

Tepung tulang sebenarnya terbuat dari sisa sisa peternakan seperti tulang ikan dan ayam, yang kemudian dikumpulkan menjadi satu karena sudah tidak diperlukan lagi. Terbuat dari bahan sisa dan diolah secara sederhana, ternyata kandungan nutrisi yang ditawarkan tidak boleh diragukan. Nutrisi yang terkandung di dalam tepung beras terdiri dari natrium, kalsium, mangan, kalium, magnesium, serta forfor yang baik bagi pertumbuhan sang ayam.

Jika memungkinkan, berikanlah tepung tulang yang memanfaatkan tulang ikan tuna sebagai bahan pembuatannya. Sebab ikan tuna terkenal akan kandungan kalsiumnya yang tinggi, dirasa dapat membantu dalam proses pembentukan tulang sang ayam sekaligus mencegahnya dari keroposan dini. Tawarkan segudang nutrisi baik bagi hewan ternak, tidak ada salahnya memberikan pakan ternak ayam satu ini sembari diselingi dengan jenis pakan lainnya.

8. Bungkil Kacang Kedelai

Mengandung 44 hinggga 51 persen protein serta asam amino yang tinggi, para peternak ayam pun menjadikan bungkil kacang kedelai atau soybean meal sebagai solusi pakan terbaik. Sebelum menjadikannya sebagai pakan ternak kesayangan, ada baiknya perhatikan beberapa hal penting. Salah satu yang tidak boleh luput dari perhatian, terkait dengan nilai biologis yang mungkin kurang mencukupi bagi ternak rumanansia.

9. Tepung Keong Mas

Terbuat dari cangkang keong mas, pakan satu ini juga bisa menjadi solusi terbaik untuk diberikan kepada hewan ternak kesayangan anda. Protein yang terkandung pada cangkang keong, dipercaya dapat menunjang produksi telur sekaligus meningkatkan bobot sang ayam. Hebatnya lagi, kebutuhan mineral harian ayam akan terpenuhi ketika memberikan tepung keong mas tersebut secara rutin.

10. Tepung Ikan

Tepung ikan disebut sebagai salah satu sumber protein hewani yang sangat diperlukan oleh ayam. Dikatakan demikian, lantaran kandungan nutrisi baik pada tepung ikan serta asam aminonya sangat aman untuk dikonsumsi. Bahkan kandungan lemak tak jenuhnya, akan sangat membantu bagi reproduksi hewan ternak. Oleh karenanya, jangan ragu untuk menjadikannya sebagai pakan ternak ayam terbaik.

Sebelum berternak ayam, penting untuk mendapatkan ilmu dasar seperti rekomendasi pakan terbaik bagi sang hewan ternak. Dengan memberikan pakan terbaik, secara tidak langsung akan berpengaruh dari segi kualitas daging hingga telurnya. Para pembeli pun tak segan memborong dalam jumlah besar, jika kualitas yang diberikan cukup mumpuni. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memberikan pakan terbaik dan raup untung sebanyak banyaknya.